Diberdayakan oleh Blogger.

Penyakit Thalasemia

Photobucket


- DEFINISI

Thalasemia adalah kelainan pada darah dengan ditandai mudah rusaknya eritrosit (sel darah merah) dan umurnya lebih pendek dibanding umur eritrosit pada umumnya.

Thalasemia disebabkan oleh ketidakmampuan sumsum tulang membentuk protein yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan pembuatan salah satu dari keempat rantai asam amino pembentuk hemoglobin. Apabila pembentukan hemoglobin berkurang, pasokan energi yang dibutuhkan akan berkurang dan fungsi tubuh akan terganggu sehingga penderita tidak dapat menjalankan aktivitas secara normal.

Thalasemia merupakan penyakit keturunan. Thalasemia Minor terdapat pada penderita yang hanya membawa 1 gen sehingga gejala-gejala thalasemia tidak nampak. Thalasemia Mayor terdapat pada penderita yang membawa 2 gen sehingga penderita tersebut mengalami gejala-gejala thalasemia.

Secara molekuler, thalasemia dibedakan menjadi Thalasemia Alfha dan Thalasemia Betha. Thalasemia Alfha lebih banyak diderita oleh ras putih dan Thalasemia Betha diderita oleh ras hitam.

- GEJALA

Para penderita Thalasemia akan mengalami gejala anemia seperti pusing, wajah pucat, sukar tidur, nafsu makan berkurang, dan badan terasa lemas. Penderita juga akan mengalami keterlambatan pertumbuhan fisik dibanding dengan orang sesusianya. Gejala akan terlihat saat anak berusia 3-18 tahun.

- CARA MENCEGAH DAMPAK YANG LEBIH BESAR

Penderita tidak boleh menkonsumsi makanan kaya akan zat besi (ex : bayam, hati). Mengapa? Karena hemoglobin kaya akan zat besi dan pada penderita Thalasemia, pembentukan hemoglobin tentu saja terganggu. Hal tersebut menyebabkan asupan zat besi dari makanan beredar secara bebas dalam tubuh sehingga terjadi penumpukan pada jantung, hati, dan limpha.


Pencegahan juga dapat dilakukan dengan transfusi darah rutin 2 minggu sekali. Tetapi transfusi darah dapat menyebabkan penumpukan zat besi. Hal ini dapat diantisipasi dengan pemberian obat desferal (melalui suntikan) untuk mengikat zat besi dan dikeluarkan melalui urin.

0 Responses to “Penyakit Thalasemia”: